Apa itu ISO dan Apa Manfaat ISO bagi Perusahaan, Kenali Jenis-jenis ISO

Tentunya, kita tidak asing bersama dengan makna ISO atau International Organization for Standardization.

Setiap perusahaan skala besar apalagi multinasional, terkadang lekat bersama dengan label ISO.

Namun, tahukah kamu bahwa sesungguhnya standar ISO bukanlah sebuah paksaan untuk perusahaan.

ISO merupakan badan non-pemerintah yang terdiri dari lebih dari 160 negara.

Badan non-pemerintah ini bertanggung jawab untuk mengembangkan standar untuk berbagai industri yang mempromosikan kualitas, keamanan, dan efisiensi.

Lantaran berskala dunia, udah pasti standar yang ditetapkan dan juga verifikasinya juga dianggap dunia.

Jenis Jenis ISO Apa itu Sertifikasi ISO

ISO punyai berbagai tipe standar yang sanggup digunakan oleh perusahaan untuk jalankan persaingan global.

Berikut ini beberapa tipe ISO yang digunakan pada sejumlah produk di Indonesia dirangkum tribunpontianak.co.id dari

1. ISO 9001

Sesuai bersama dengan standar ISO 9001 punyai banyak kegunaan bagi industri manufaktur.

ISO 9001 membantu menginspirasi perusahaan untuk menemukan langkah yang lebih efektif untuk secara permanen selesaikan masalah kualitas dan masalah mengenai biaya lainnya sembari mendorong bisnis untuk menemukan langkah kreatif untuk melampaui beberapa syarat yang ditentukan pelanggan.

Standar ini membantu bisnis mengidentifikasi, mendokumentasikan, dan menambah sistem yang memenuhi keperluan pelanggan tertera dan “tersirat” seperti: konsultan iso jakarta

– Standar keamanan

– Manufaktur ramah lingkungan

– Efisiensi memproses yang diharapkan

– Spesifikasi dimensi dan fungsional

Standar ISO mengharuskan perbaikan terus-menerus.

Bisnis terdaftar ISO 9001 cenderung mengurangi kekeliruan keseluruhan yang, pada gilirannya menghilangkan pemborosan.

Perusahaan yang menganut standar ISO tipe ini sebagai bagian dari budaya mereka umumnya nikmati kepuasan pelanggan yang lebih tinggi, lebih sedikit kesalahan, mengurangi biaya, dan keistimewaan kompetitif.

2. ISO/IEC 17025 biro jasa pengurusan halal Jakarta

Pada tipe ISO ini sanggup digunakan oleh perusahaan yang punyai beberapa syarat instansi pengujian sekiranya laboratorium bersama dengan tipe yang standar.

ISO / IEC 17025 memungkinkan laboratorium untuk membuktikan bahwa mereka beroperasi secara kompeten dan membuahkan hasil yang valid, agar menambah keyakinan pada pekerjaan mereka baik secara nasional maupun di semua dunia.

Ini juga membantu memfasilitasi kerjasama pada laboratorium dan badan-badan lain bersama dengan membuahkan penerimaan yang lebih luas dari hasil antar negara.

Laporan pengujian dan sertifikat sanggup di terima dari satu negara ke negara lain tanpa harus pengujian lebih lanjut, yang pada gilirannya menambah perdagangan internasional.

Ilustrasi ISO 9001.
Ilustrasi ISO 9001. (wqa-apac.com)
3. ISO 28000

ISO 28000 adalah standar internasional yang membahas beberapa syarat Sistem Manajemen Keamanan untuk rantai pasok atau.

Standar ini menentukan aspek-aspek untuk membantu organisasi menilai ancaman keamanan dan mengelolanya selagi muncul di dalam rantai pasokan mereka.

Manajemen Keamanan mengenai bersama dengan aspek lain dari manajemen bisnis.

Dengan ISO 28000, organisasi sanggup memilih apakah tersedia beberapa langkah keamanan yang pas dan sanggup melindungi properti mereka dari berbagai ancaman.

4. ISO 50001

Sebagai standar internasional, ISO 50001 menentukan beberapa syarat bagi organisasi untuk mengembangkan, mengimplementasikan, dan menambah Sistem Manajemen Energi.

Ha ini memungkinkan organisasi untuk mengikuti kerangka kerja spesifik yang membantu mereka menggapai peningkatan berkesinambungan di dalam kinerja energi, efisiensi, penggunaan, dan konsumsi.

Kerangka kerja ini menentukan pengukuran, dokumen, dan laporan, yang memungkinkan organisasi untuk memantau kemajuan sistem dan karyawan mereka menuju kinerja energi.

ISO 50001 mengharuskan organisasi untuk sebabkan kebijakan baru untuk pemanfaatan daya yang efisien, untuk menentukan target dan sasaran untuk memenuhi kebijakan selanjutnya dan meninjau dampaknya; benar-benar berupaya untuk menggapai peningkatan berkesinambungan di dalam manajemen energi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *