Seiring berjalannya tahun dan era, kemajuan teknologi memang membawa dampak baik untuk mendukung kehidupan keseharian manusia. Teknologi yang digunakan dalam unit kendaraan roda empat ini sendiri cukup canggih dan maju di kelasnya. Mobil pribadi sendiri menjadi unit kendaraan roda empat yang kini ideal untuk dijadikan sebagai unit kendaraan keseharian sebagai peneman aktivitas. Sehingga tidak heran penggunanya semakin meningkat seiring dengan populasi manusia yang terus bertambah.

Mobil pribadi sendiri kini tidak hanya memberikan dukungan untuk mobilitas saja melainkan sudah mendukung kenyamanan dan penggunaan bahan bakar yang lebih hemat dibandingkan pendahulunya. Mobil pribadi yang digunakan saat ini sudah mendukung kegiatan berkendara yang hemat bahan bakar dan juga memiliki beragam jenis fitur pendukung kenyamanan berkendara.

Jenis mobil pribadi yang nyaman digunakan untuk kegiatan keseharian sendiri adalah MPV. Salah satu varian MPV yang direkomendasikan adalah Innova. Unit kendaraan pribadi ini tidak hanya mendukung mobilitas tapi nyaman dan bisa muat penumpang hingga 7 orang. Bagasinya juga lega untuk membawa beragam jenis muatan di dalamnya. Terlebih mesinnya sendiri sudah sangat bertenaga di kelasnya. Dimana mesin Innova sendiri menggunakan 1.998 cc untuk bahan bakar bensin dan 2.393 cc untuk bahan bakar diesel.

Mengapa Innova banyak digunakan untuk kegiatan aktivitas keseharian? Innova merupakan unit kendaraan yang nyaman digunakan untuk kegiatan aktivitas keseharian. Unit kendaraan ini memiliki bagasi yang lega dengan kabin yang lega juga. Terlebih Innova sendiri sudah support menggunakan captain seat untuk mendukung kenyamanan berkendara. Dengan menggunakan sistem kursi ini maka kemanapun bepergiannya akan terasa nyaman dan anti pegal.

Selain fitur tersebut, Innova sendiri sudah disertakan tipe mesin yang hemat penggunaan bahan bakar. Innova per unitnya sudah menggunakan tipe mesin injeksi yang bisa digunakan untuk menghemat konsumsi bahan bakar dalam melakukan perjalanan. Innova menggunakan fuel injection untuk tipe mesin bensin dan common rail untuk tipe mesin diesel. Kedua jenis mesin ini akan memberikan konsumsi bahan bakar yang minimal dan bisa menghemat pengeluaran untuk konsumsi bahan bakar.

Seperti yang diketahui sendiri, konsumsi bahan bakar untuk mobil sendiri cenderung banyak. Bahkan tangkinya sendiri dibuat besar untuk mendukung daya kendaraan bisa digunakan kemanapun. Sehingga saat membeli unit kendaraan roda empat penting untuk memastikan konsumsi bahan bakarnya ekonomis. Innova sendiri menjadi unit kendaraan yang konsumsinya sering dikatakan boros. Namun sejatinya unit kendaraan ini hemat konsumsi bahan bakarnya.

Apa sih yang menyebabkan mobil seperti Toyota Innova dikatakan boros konsumsi bahan bakar?

  •         Tidak pernah mendapatkan service berkala

Faktor utama Toyota Innova dan mobil lainnya boros penggunaan konsumsi bahan bakar adalah karena jarang mendapatkan service berkala. Kegiatan service berkala memang penting dilakukan setiap 10.000 Km. Kegiatan ini dilakukan untuk checking kondisi mesin dan mengganti oli maupun spare part yang sudah tidak bisa bekerja optimal. Tentu saja bila dilewatkan maka bensin sendiri akan mengambil posisi oli sehingga konsumsinya semakin banyak dan boros.

  •         Konsumsi bahan bakar tidak sesuai kebutuhan mesin

Kesalahan pengguna unit kendaraan roda empat adalah tidak mau memahami mesin. Padahal syarat utama mesin sehat adalah konsumsi bahan bakar yang sesuai dengan kebutuhannya. Misalnya saja mesin common rail diesel sendiri membutuhkan bahan bakar Pertamax Dex maupun Shell Diesel dalam mendukung kinerja mesin kendaraan. Konsumsi bahan bakar yang salah akan menyebabkan kinerja mesin tidak optimal dan boros bahan bakar karena mampu meninggalkan residu berlebih saat proses pembakaran.

  •         Kegiatan berkendara yang main gas

Kegiatan berkendara yang hanya main gas dan rem saja akan menyebabkan mesin boros bahan bakar. Sehingga ada baiknya berkendara yang baik dan stabil agar konsumsi bahan bakar lebih ekonomis dan hemat. Sebab itu, penting untuk selalu menggunakan mode eco pada mobil yang memiliki mode berkendara atau berkendara dengan kecepatan antara 2.000 – 4.000 rpm saja. Termasuk ini bisa membuat Toyota Innova kamu lebih ekonomis.

  •         Sering mengangkut muatan penuh

Mobil Innova dan jenis mobil lainnya akan cenderung boros bahan bakar ketika sering digunakan untuk mengangkut penumpang melebihi kapasitas atau membawa muatan yang berat. Hal ini dikarenakan mesin harus bekerja ekstra dalam mengangkut dan membawa benda tersebut kemanapun. Sebab itu penting memastikan unit kendaraan untuk selalu bisa dibawa kemanapun dengan mudah dan ringan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *