Prosedur dan Proses yang Terlibat untuk Pendirian Perusahaan Indonesia

Memulai bisnis di Indonesia tidak serumit yang dibayangkan. Panduan untuk memulai bisnis di Indonesia ini akan menjelaskan informasi penting yang Anda butuhkan untuk membantu Anda membuat keputusan terbaik untuk bisnis Anda di Indonesia.

Mengapa Indonesia?

Mengapa tidak memulai bisnis di Indonesia? Perekonomian Indonesia tumbuh setiap tahun, dan itu menjadikannya tempat yang bagus untuk memulai bisnis di Indonesia. Rumah bagi total 18.307 pulau dan populasi terbesar keempat di dunia, Indonesia adalah negara kepulauan yang berlimpah. Dari emas, batu bara, nikel, tembaga, timah, gas alam, sumber daya alam berlimpah. Belum lagi sumber mineral dan minyak bumi yang tersedia.

Faktor Kunci untuk Dipertimbangkan

Sebelum Anda memulai proses pendirian Indonesia Anda, ada beberapa faktor utama yang perlu Anda pertimbangkan:

  • Lakukan Riset Anda – Akankah sifat aktivitas bisnis Anda cocok di negara ini?
  • Memahami Pelanggan Potensial – Siapa mereka dan apa yang mereka butuhkan?
  • Mengikuti Prosedur yang Benar – Memulai di negara asing selalu menantang. Meminta bantuan konsultan berpengalaman seperti 3E Accounting dapat mempermudah prosesnya.
  • Mendaftarkan Bisnis Anda – Anda harus mendaftarkan bisnis Anda di Indonesia pada otoritas terkait.
  • Agama, Adat, dan Kepercayaan Lokal – Indonesia adalah rumah bagi berbagai agama, adat, dan kepercayaan yang berbeda. Dari Katolik, Budha, Hindu, dan Islam, pemahaman dan penghormatan terhadap kepercayaan lokal sangat penting.

Indonesia baru-baru ini menerapkan beberapa perubahan dalam hal ini. Salah satu perbedaan yang menonjol adalah dalam kebijakan bisnis yang lebih ramah yang sekarang harus diperbaiki iklim investasinya. Memulai bisnis di Indonesia kini jauh lebih mudah.

Mendaftarkan perusahaan Indonesia sebelumnya membutuhkan waktu rata-rata 2 bulan sebelum prosesnya selesai. Sekarang, bisnis Anda di Indonesia dapat berdiri dan berjalan dalam waktu satu hingga 1,5 bulan. Sejak Mei 2019, Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP) untuk pelaku usaha di Jakarta tidak diperlukan lagi. Perusahaan Rak Indonesia dapat dengan mudah didirikan dalam waktu seminggu, jika Anda menginginkan solusi yang lebih cepat.

Investor asing kini memiliki opsi Investor KITAS juga. Ini berlaku jika investor ingin mengambil peran direktur, pemegang saham, atau komisaris. Anda dapat segera mulai bekerja dan manfaat utama adalah pembebasan biaya izin kerja (DPKK) dan proses aplikasi yang mudah. Investor dapat mengajukan KITAS 2 tahun. Ini memungkinkan beberapa entri masuk dan keluar negara dalam periode validitas. Untuk memenuhi syarat untuk opsi ini, Anda memerlukan investasi minimal minimal Rp1 miliar. Ini akan menjadi investor saham. Sedangkan untuk penyertaan modal perusahaan, perlu lebih dari Rp 10 miliar untuk memenuhi syarat.

Langkah Memulai Bisnis Baru

Langkah pertama untuk memulai bisnis di Indonesia adalah memilih struktur perusahaan pilihan Anda. Pilihan yang tersedia meliputi:

  • Perseroan Terbatas Asing (PT PMA)
  • Perseroan Terbatas Daerah (PT)
  • Kantor Perwakilan

PT PMA adalah pilihan pilihan bagi investor asing di Indonesia. 100% kepemilikan asing diperbolehkan dengan struktur ini dan Anda juga dapat mempekerjakan pekerja asing. Untuk mendirikan PT PMA, Anda harus memenuhi persyaratan berikut:

  • Memiliki satu direktur (minimal) dan satu komisaris. Salah satunya harus orang Indonesia lokal. Anda juga akan membutuhkan dua pemegang saham (mereka dapat berupa individu atau perusahaan lokal atau asing, atau kombinasi keduanya).
  • Investasi modal Rp 10 miliar. Modal disetor harus minimal 25% dari total modal yang dibutuhkan.
  • Alamat kantor setempat untuk mendapatkan surat domisili Anda. Alamat tempat tinggal tidak diperbolehkan.

Pendaftaran perusahaan Indonesia harus dilakukan secara online melalui sistem OSS lokal. Dari sana, Anda akan mendapatkan NIB dan lisensi lain yang mungkin Anda perlukan. Anda harus melalui langkah-langkah berikut:

  • Dapatkan persetujuan untuk nama perusahaan Anda
  • Dapatkan Akta Pendirian Anda (termasuk Anggaran Dasar). Notaris harus hadir.
  • Dapatkan persetujuan dari badan hukum Anda. Persetujuan akan diberikan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.
  • Daftarkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Anda. Ini diperlukan untuk mengamankan izin usaha Anda, memenuhi kewajiban pajak Anda dan untuk melakukan aktivitas perbankan.
  • Dapatkan surat domisili yang mengidentifikasi lokasi bisnis Anda.
  • Dapatkan nomor profil perusahaan (NIB) unik Anda, izin usaha, dan izin lokal apa pun yang diperlukan.
  • Terapkan untuk lisensi lain yang diperlukan yang mungkin Anda perlukan.
  • Dapatkan izin kerja Anda
  • Buka rekening bank Anda

Sebelum Anda Tiba di Indonesia

Anda harus mengamankan izin kerja yang diperlukan sebelum kedatangan. Setelah di Indonesia, Anda dapat melanjutkan untuk membuka rekening bank Anda untuk Perusahaan Indonesia Anda. Agen berpengalaman seperti 3E Accounting dapat menyederhanakan proses ini dan mempermudah Anda.

Ada beberapa perubahan potensial yang akan segera terjadi di Indonesia. Salah satu perubahan tersebut adalah Daftar Investasi Positif. Tujuan dari daftar ini adalah untuk mendorong lebih banyak investasi oleh orang asing. Ini ditujukan untuk sektor-sektor yang telah ditutup seluruhnya atau sebagian dalam Daftar Negatif Investasi. Di antara sektor-sektor yang diusulkan dalam Daftar Positif adalah sektor gasifikasi batubara, otomotif, elektronik, substitusi impor dan berorientasi ekspor.

Perubahan kedua adalah Omnibus Law yang akan mengamandemen ribuan undang-undang di Indonesia. Ini termasuk undang-undang yang berkaitan dengan masalah ketenagakerjaan dan perpajakan. Tujuannya agar tidak terlalu rumit bagi investor.

Menyiapkan Lokasi Kantor Anda

Setelah Anda memutuskan Indonesia adalah tempat untuk Anda, Anda memerlukan kantor. Lokasi kantor merupakan syarat untuk mendapatkan surat domisili. Selain pilihan ruang kantor tradisional, ada solusi lain yang tersedia. Saat memulai bisnis di Indonesia, mengapa tidak mempertimbangkan solusi kantor virtual juga? Kantor virtual masih akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan alamat terdaftar dan mendapatkan surat domisili Anda. Satu-satunya perbedaan adalah, Anda tidak perlu menyewa ruang kantor fisik, yang membuatnya jauh lebih murah.

3E Accounting memiliki berbagai solusi kantor virtual yang tersedia. Logo perusahaan Anda akan tetap ditampilkan di pintu masuk. Tim rekanan Akuntansi 3E akan berada di sana untuk menangani surat atau panggilan telepon yang Anda terima atas nama bisnis Anda.

Jika Anda ingin mendirikan PT Anda dapat menghubungi Jasa Buat PT yang dapat membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *