Kami tidak dapat mencoba Half Dome pada kunjungan itu karena mereka belum memasang kabel yang digunakan untuk bagian akhir pendakian. Fakta bahwa kami tidak melakukan Half Dome mengganggu saya sejak kami meninggalkan taman tahun itu meskipun kami telah melakukan perjalanan yang hebat ke puncak Air Terjun Yosemite.

Kami menemukan diri kami kembali di taman Kubah Langit-Langit Untuk Ide Desain Hari Ini dua tahun kemudian kali ini selama waktu ‘tepat’ tahun untuk mendaki Half Dome. Setelah tinggal di San Francisco untuk satu malam, kami berkendara selama 4 jam ke taman pada hari berikutnya. Saat kami memasuki lembah, tidak mungkin melakukan apa pun selain melihat ke atas ke El Capitan yang besar. Saya mengalami kesulitan untuk fokus pada jalan yang ingin ‘melihat’ semuanya meskipun kami baru berada di sini dua tahun sebelumnya.

Setelah memeriksa jalan setapak untuk memastikan titik awal kami pada hari berikutnya, kami berkendara kembali ke motel tas kutu di luar taman. Catatan, Evergreen Lodge adalah tempat yang menakjubkan dan setelah menemukannya, kami tidak akan tinggal di tempat lain di sekitar taman. Setelah ‘bertahan’ malam di motel kami berada di jalan awal menuju kepala jejak. Setelah memastikan muatan paket aman, kami menuju jalan setapak menuju Air Terjun Vernal. Awalnya jejaknya cukup mudah dinavigasi tetapi begitu Anda menyeberangi jembatan di atas sungai Merced, itu mulai menjadi lebih  Produsen Kubah Masjid Enamel vertikal. Anda mencapai bagian indah yang dikenal sebagai 500 anak tangga karena dipahat di batu kira-kira 500 anak tangga. Untuk menambah tantangan ini kabut dari air terjun membuat bagian ini basah dan licin untuk dilalui. Lebih parah lagi saat turun.

Tidak ada gunanya berusaha keras di bagian ini karena Anda masih memiliki banyak tanah untuk ditutup sehingga langkah demi langkah kami menuju ke puncak air terjun. Di dekat puncak, jalan setapak menjadi sangat sempit saat Anda memeluk dinding batu air terjun itu sendiri. Cukup banyak file tunggal di bagian ini yang bisa menjadi tantangan ketika ada banyak pengunjung.

Di puncak air terjun kami beristirahat seperti banyak orang lain. Bagi sebagian orang, ini adalah akhir dari pendakian mereka. Bagi kami itu adalah leg pertama dari upaya tiga leg untuk hari itu. Selanjutnya kami akan melakukan pendakian curam ke Air Terjun Nevada dan kemudian pendakian yang cukup datar ke Lembah Little Yosemite di mana kami berencana untuk mendirikan kemah untuk malam itu.

Setelah menghabiskan energi untuk membawa beban lebih dari 40 pon di atas Air Terjun Vernal, kami berlari dengan keadaan kosong saat kami memulai jalan setapak di sisi kiri Air Terjun Nevada. Untuk mengatakan itu terlalu banyak akan meremehkan. Mengingat tingkat energi kami yang terkuras, butuh waktu cukup lama untuk akhirnya bangkit dari Nevada, tetapi kami berhasil. Ada pemandangan indah dari atas Air Terjun Nevada yang menghadap ke hilir di Air Terjun Vernal dan sungai Merced yang menerjang lembah.

Setelah Air Terjun Nevada, itu adalah pendakian ke Lembah Little Yosemite di mana kami memiliki izin untuk berkemah malam itu. Itu kuncinya, Anda memang memerlukan izin untuk berkemah di sana dan Anda harus mendapatkannya jauh sebelum perjalanan Anda untuk memastikan Anda akan mendapatkannya karena tempat terbatas.

Satu catatan, ada banyak orang yang melakukan seluruh perjalanan dari Lembah Yosemite ke puncak Half Dome dan kembali semua di hari yang sama. Jika Anda kekurangan waktu, itu adalah pilihan tetapi jika Anda punya waktu, kami merasa jauh lebih menyenangkan untuk menjadikannya acara 3 hari. Hari pertama pergi dari lembah ke Little Yosemite Valley. Hari 2, hiking ke Half Dome dan kembali ke Little Yosemite Valley dan pada hari 3 hiking kembali ke lembah.

Area perkemahan Little Yosemite sangat bagus jika agak ramai. Mereka memiliki toilet tenaga surya dan tempat perkemahan yang ditentukan. Lupakan tentang menemukan kayu bakar karena orang banyak yang berkunjung telah membakar hampir setiap tongkat yang cukup sial untuk jatuh ke tanah. Meskipun demikian, lokasi perkemahan kami yang terletak dekat dengan sungai itu bagus dan datar dan suara sungai yang menenangkan dibuat untuk pengaturan yang sempurna.

Setelah menikmati makan malam dan secangkir kopi yang enak, kami menyaksikan ikan trout naik ke sungai. Kami menyebutnya malam lebih awal yang ingin tidur nyenyak sebelum menangani Half Dome keesokan harinya.

Keesokan harinya kami berangkat setelah sarapan pagi ke Half Dome. Lebih baik pergi ke puncak sedini mungkin untuk menghindari keramaian (lebih lanjut tentang itu nanti) dan juga untuk menghindari cuaca buruk.

Setelah melepaskan ransel kami, awalnya merupakan pendakian yang jauh lebih mudah. Pendakian awal ke Half Dome dari Little Yosemite Valley cukup datar tetapi kemudian peralihan dimulai. Akhirnya Anda sampai ke dasar ‘bahu’ Half Dome. Dari bawah bagian ini tampaknya tidak mungkin, tetapi saat Anda mendakinya memang ada jalan setapak. Pergantian itu membutuhkan waktu untuk kami selesaikan karena sepertinya kami hanya mendapatkan ketinggian beberapa kaki dengan masing-masing.

Ketika kami mencapai puncak bahu Half Dome dengan segala kemegahannya berdiri di depan kami. Di satu sisi ada penurunan 1.500′ di sisi lain penurunan 3.000′. Itu adalah pemandangan yang fantastis sampai kami melihat kabelnya!

Kami telah melakukan penelitian dan membaca rekomendasi untuk membawa sarung tangan untuk bagian ini. Kami telah mengemasi barang-barang kami tetapi melihat tumpukannya di bagian bawah kabel paling banyak dengan telapak tangan yang aus. Selain sangat terjal, tantangan lain untuk menaiki kabel adalah licinnya bebatuan. Kaki Anda hampir tidak berguna dan Anda harus mengandalkan kekuatan tubuh bagian atas untuk menarik diri. Pada interval kira-kira 8′ akan ada 2×4 melesat ke batu. Teknik saya adalah untuk menarik diri ke 2×4 berikutnya sehingga saya bisa beristirahat dengan kaki saya bertengger di papan.

Saya telah menempatkan ayah saya di depan saya pada bagian ini dengan mempertimbangkan bahwa jika dia memiliki masalah, saya dapat ‘mendukungnya’ tetapi dalam kenyataannya jika dia jatuh dia akan membuat saya terpesona. Tetap saja saya merasa lebih baik bisa mengawasinya dan memeriksa kemajuannya. Setelah beberapa kali penggantian katup jantung, ayah saya yang selalu aktif telah kehilangan sebagian besar kekuatan tubuh bagian atasnya. Tindakan menarik dirinya ke atas sangat sulit baginya, tetapi dia tidak menyerah dan menggunakan teknik papan-ke-papan secara bertahap membuat jalannya naik. Sekitar 2/3 dari perjalanan saya bisa di sini dia terengah-engah dan khawatir. Sementara itu ada dua pemuda di belakang kami dan saya bisa mendengar mereka bernapas lebih berat! Untuk mencoba dan memberi ayah saya beberapa dorongan, saya berteriak kepada orang-orang “ayolah kalian terengah-engah dan orang di depan saya ini berusia 72 tahun!”

Itu berhasil, ayah pergi ke atas dan ketika kami sampai di sana, para pemuda ingin berfoto bersamanya! Jadi setelah melakukan pemotretan glamornya, kami pergi menjelajahi puncak Half Dome. Bagian atas Half Dome jauh lebih besar dari yang kami perkirakan dan pada dasarnya datar.

Fitur yang harus dilihat di bagian atas Half Dome adalah ‘Papan Menyelam’. Jika Anda bisa meminta seseorang untuk mengambil foto Anda saat Anda dan teman Anda berjalan keluar ke papan, itu adalah kesempatan berfoto yang luar biasa.

Kami berada di sana pada bulan September waktu yang tepat untuk mengunjungi taman tetapi tidak begitu baik untuk melihat air terjun. Air Terjun Yosemite yang berada di seberang lembah dari Half Dome baru saja menetes ke dinding batu mereka. Namun, pemandangan dari atas Half Dome sangat menakjubkan.

Setelah menghabiskan beberapa jam di atas, saatnya untuk turun. Anda akan berpikir bahwa turun akan jauh lebih mudah daripada naik tetapi ada beberapa kendala yang membuat ini kurang benar. Pertama, Anda akan bertemu dengan orang-orang yang menaiki kabel saat Anda mencoba menurunkannya. Tidak ada norma ruangan yang cukup apakah disarankan untuk mencoba dan ‘melewati’ orang-orang di kabel yang memberi Anda alternatif yang agak menakutkan. Apa yang kami lakukan adalah menemukan celah di pemanjat yang menanjak dan kemudian meluncur ke bawah kabel secepat kami bisa dengan aman ke celah yang tersedia di permukaan batu. Kami kemudian akan memasukkan kaki kami ke celah atau langkan dan menunggu sampai para pendaki melewati kami. Kemudian kami akan meluncur ke celah tepat di atas kelompok berikutnya. Geser ini adalah tempat sarung tangan berguna saat Anda menimbulkan banyak gesekan saat meluncur. Akhirnya kami berhasil mencapai bagian bawah kabel dan mulai menuruni bahu. Bagian ini bukanlah jalan-jalan di pantai karena turunan konstan di permukaan berbatu yang tidak rata membuat lutut dan pergelangan kaki kami berdebar kencang. Di bagian bawah bahu kami kembali ke jalur yang lebih tradisional ke perkemahan kami di lembah. Kami lelah, lapar dan haus tetapi kami telah melakukannya! Kami telah mendaki Half Dome.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *